Wisata

Mengenal Sejarah Kota Kediri Melalui Goa Selomangleng

Kamis, 08 Juni 2023 - 00:32
Mengenal Sejarah Kota Kediri Melalui Goa Selomangleng Dhoho Street Fashion yang diadakan Pemkot Kediri di depan Goa Selomangleng. (Foto: Pemkot Kediri)

TIMES BENGKULU, KEDIRIGoa Selomangleng merupakan objek wisata sejarah dan alam yang terletak di Kediri, Jawa Timur, Indonesia. Tempat ini menawarkan gabungan atraksi sejarah dan alam, menjadikannya tempat yang layak dikunjungi bagi para penggemar sejarah dan pecinta alam.

Tempat ini dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian selama Perang Kemerdekaan Indonesia (1945-1949). Disebutkan pejuang kemerdekaan Indonesia, yang dikenal sebagai PETA (Pembela Tanah Air), sempat bersembunyi di tempat tersebut dari pasukan kolonial Belanda.

Terletak di daerah Selomangleng, Kediri, sekitar 15 kilometer dari pusat kota goa tersebut mudah diakses melalui berbagai sarana transportasi, termasuk kendaraan pribadi, bus umum, atau taksi.

Dindingnya terbuat dari formasi batu kapur alami dengan beberapa ruang dan terowongan yang saling terhubung. Tempat ini relatif luas dan terawat dengan baik, sehingga aman bagi pengunjung untuk menjelajahinya. Interior gua ini sejuk dan diterangi dengan cahaya redup, menciptakan suasana misterius.

Fitur dan Daya Tarik Goa Selomangleng

1. Grafiti

Dinding gua dihiasi dengan grafiti yang ditinggalkan oleh pejuang PETA selama bersembunyi. Tanda-tanda ini menjadi saksi sejarah kehadiran dan perjuangan mereka.

2. Monumen PETA

Di sekitar gua, terdapat monumen yang didedikasikan untuk para pejuang PETA. Monumen ini menjadi pengingat akan keberanian dan kontribusi mereka dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia.

3. Taman dan Area Piknik

Di luar gua, terdapat taman yang terawat dengan baik dengan pepohonan hijau dan tempat piknik. Tempat ini menawarkan lingkungan yang tenang dan damai di mana pengunjung dapat bersantai dan menikmati alam.

4. Menghadiri Acara Budaya

Masyarakat lokal juga menggunakan tujuan wisata tersebut sebagai pusat budaya dan pendidikan. Beberapa acara seperti pameran, pertunjukan seni, dan program pendidikan sering diadakan beberapa pihak.

Menjelajahi Goa Selomangleng memberikan pengalaman singkat tentang sejarah Kediri dan Indonesia. Interior gua ini memberikan pengalaman unik saat anda berjalan melalui ruang-ruangnya dan mengamati grafiti yang ditinggalkan oleh para pejuang kemerdekaan.

Pastikan untuk mempersiapkan peralatan yang tepat seperti pakaian yang nyaman dan sepatu yang sesuai untuk menjelajahi gua dengan aman. Juga, jangan lupa membawa air minum dan kamera untuk mengabadikan momen indah selama perjalanan Anda. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.