Wisata

Tips Pola Makan Sehat Saat Hari Raya Idul Fitri

Senin, 17 Mei 2021 - 15:11
Tips Pola Makan Sehat Saat Hari Raya Idul Fitri Opor Ayam (FOTO: Wikipedia)

TIMES BENGKULU, JAKARTA – Pada saat Lebaran atau hari raya Idul Fitri tiba, banyak orang mengalami perubahan pola makan dari sebelumnya saat puasa.

Hidangan ketupat dan opor ayam serta makanan pendamping lainnya akan selalu hadir menemani momen Lebaran. Tak jarang orang merasa kesulitan mengontrol perilaku makan di hari kemenangan.

Celakanya, berbagai risiko mengintai saat Anda tak mampu mengontrol perilaku makan. Mulai dari badan yang melar hingga berbagai penyakit terkait kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi.

Banyaknya hidangan ini terkadang sering membuat nafsu makan semakin meningkat. Tidak perlu cemas, simak cara menjaga pola makan yang sehat selama hari raya Idul Fitri. Berikut tipsnya.

1. Batasi makanan berminyak

Kebanyakan hidangan Ramadan kaya akan kandungan minyak dan tinggi lemak. Makanan jenis ini bisa memicu lonjakan berat badan dan meningkatkan risiko berbagai penyakit setelahnya.

Oleh karena itu ada baiknya Anda untuk membatasi atau akan lebih baik menghindari makanan yang memiliki lemak dan kalori tinggi tersebut.

2. Tetap jaga Pola makan

Pada saat hari raya, nafsu makan menjadi tidak terkontrol. Akibatnya pola makan menjadi kacau. Hal itu tentu akan memengaruhi kinerja sistem pencernaan dan metabolisme yang ada di dalam tubuh.

Selama hari raya Idul Fitri, tetap jaga kesehatan tubuh dengan mengatur pola makan. Konsumsi makanan sehat pada waktu yang sama secara rutin setiap hari.

3. Konsumsi makanan sehat

Pada saat Hari Raya Idul Fitri, sebaiknya tetap konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan segar. Anda dapat memilih berbagai buah-buahan yang menyehatkan untuk dijadikan sebagai makanan penutup.

Selain menyehatkan, mengonsumsi buah-buahan segar sebagai makanan penutup juga akan membuat napas dan mulut terasa lebih segar.

4. Batasi makanan manis

Umumnya, sebagai pelengkap hidangan, sederet makanan dan minuman manis akan disediakan saat Lebaran. Namun, Anda perlu membatasi makanan dan minuman jenis ini. Terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis hanya akan meningkatkan kadar gula darah Anda.

5. Melakukan aktivitas olahraga ringan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk menjaga pola makan selama Hari Raya Lebaran yakni dengan tetap melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan yang meliputi stretching ataupun hanya sekedar berjalan di dalam rumah.

Hal ini dilakukan agar sistem metabolisme tubuh dan peredaran darah tetap berfungsi dengan baik selama Hari Raya Idul Fitri yang identik dengan berbagai hidangan berlemak dan bersantan. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.