https://bengkulu.times.co.id/
Wisata

Melihat Sekilas Sendang Kamulyan yang Ada di Dekat Candi Pawon

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:03
Melihat Sekilas Sendang Kamulyan yang Ada di Dekat Candi Pawon Air Sendang Kamulyan yang sudah ditampung dan dialirkan melaui beberapa pancuran. (FOTO: Hermanto/TIMES Indonesia)

TIMES BENGKULU, MAGELANG – Air dipercaya dapat membantu menjadi media penyembuhan. Terlebih air yang berasal dari mata air yang airnya masih murni. Di Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, terdapat sebuah sendang, yang oleh warga sekitar disebut dengan Sendang Kamulyan

Sumber mata air Sendang Kamulyan ini berada di sebelah timur Candi Pawon di Dusun Brojonalan. Saat musim kemarau panjang, air yang ada di sendang inipun tetap mengalir, tidak pernah kering. Sedangkan letak Sendang Kamulyan ini berada di pinggir Sungai Progo. Untuk bisa sampai ke tempat ini, pengunjung harus memasuki area perkampungan Brojonalan.

Awalnya warga sekitar hanya memanfaatkan air yang ada di sendang ini hanya untuk keperluan sehari-hari. Namun demikian tak sedikit warga yang juga mempercayai khasiat air yang ada di sendang ini. Sebut saja Mahfud, warga Pabelan, Mungkid, Kabupaten Magelang, dirinya mempercayai cerita yang ada tentang Sendang Kamulyan. Ia meyakini, dengan mandi dan berdoa di sendang ini, apa yang menjadi hajadnya akan segera terkabul.

Sendang-Kamulyan-2.jpgMahfud, Warga Pabelan, Mungkid, Kabupaten Magelang tengah berdoa di bawah pancuran Sendang Kamulyan. (FOTO: Hermanto/TIMES Indonesia)

“Saya dapat kabar dari teman tentang Sendang Kamulyan ini, lalu saya cari. Melihat Namanya Sendang Kamulyan, saya percaya dengan kasiat air yang ada di sini, tentunya setelah mandi dan berdoa di sendang ini, saya berharap bisa jadi muliya juga,” terang bapak dua anak ini, kepada TIMES Indonesia, pada Selasa (16/7/2024).

Tempat air dan lingkungan sendang ini telah direnovasi melalui proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur pada 2021 lalu. Kini airnya pun sudah ditampung di dalam sebuah bak penampungan dan disalurkan menjadi beberapa pancuran. Selain itu, tempat ganti dan tempat istirahat juga telah tersedia, meski masih ada satu pancuran yang masih terlihat asli, yang berada di sebelah mushola.

Selain renovasi pada Sendang Kamulyan, fasilitas lainnya seperti beberapa lampu taman dan pelataran kecilpun bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. untuk mandi dan memanfaatkan fasilitas yang ada, para pengunjung juga tidak dikenakan tiket masuk. Hanya tersedia kotak amal yang sifatnya sukarela bahkan gratis.

Namun demikian, para pengunjung diharapkan tetap menjaga kebersihan dan kesopanan, karena warga sekitar juga meyakini bahwa ada ular hitam sebesar paha lelaki dewasa yang dipercaya sebagai penjaga sendang ini. (*)

Pewarta : Hermanto
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.