Wisata

Libur Tahun Baru, Yuk Wisata Waduk di Kabupaten Malang

Sabtu, 31 Desember 2022 - 00:12
Libur Tahun Baru, Yuk Wisata Waduk di Kabupaten Malang Bendungan Selorejo yang berada di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. (FOTO: Ayo Dolan ke Jatim)

TIMES BENGKULU, MALANG – Banyak destinasi wisata yang bisa dipilih ketika menikmati libur tahun baru. Termasuk sejumlah waduk di Kabupaten Malang bisa menjadi destinasi wisata seru pada pergantian baru ini.

Terlebih beberapa waduk di Kabupaten Malang yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta 1 tersebut, memang dibuka untuk wisatawan. Berikut list waduk di Kabupaten Malang yang bisa jadi jujugan oleh wisatawan.

Waduk Ir Sutami atau Karangkates

Waduk atau Bendungan Sutami adalah salah satu bendungan yang juga menjadi tempat wisata yang letaknya di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, dengan jarak 40 kilometer arah Selatan dari pusat Kota Malang menuju Blitar.

Obyek wisata bendungan atau Waduk yang sudah terkenal sejak lama ini memang banyak didatangi oleh para wisatawan atau pengunjung dari berbagai daerah terutama saat akhir pekan atau hari libur.

Sedangkan pengunjungnya selain dari Malang Raya, juga dari Blitar, Tulungagung dan Kediri yang menyempatkan mampir ketika melewati tempat tersebut. Maklum, lokasi Waduk berada di jalan utama Malang-Blitar.

Bendungan ini asalnya dari Sungai Brantas dan telah dibangun sejak tahun 1975-1977 dengan fungsi sebagai Alat Pembangkit Listrik Tenaga Air. Presiden Soeharto yang meresmikan pertama kali pada tahun 1977.

Selain keindahan alamnya, di waduk Karangkates tersebut wisatawan bisa memancing, naik perahu mengelilingi waduk, hingga berenang. Karena di tempat itu ada fasilitas kolam anak-anak dan dewasa.

Bendungan Lahor

Bendungan-Lahor.jpgBendungan Lahor yang berada di Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.  (FOTO: Ayo Dolan ke Jatim).

Masih di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, terdapat Bendungan Lahor. Letaknya tidak jauh dari Waduk Sutami. Tepatnya berada di perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar.

Diperoleh informasi, Presiden Suharto meresmikan bendungan ini pada 1977, atau 3 tahun setelah presiden era Orde Baru itu meresmikan Bendungan Karangkates (yang kemudian berganti namanya jadi Bendungan Sutami pada tahun 1981 silam).

Selain untuk pembangkit listrik, Bendungan Lahor juga difungsikan untuk irigasi. Pengelolaan kedua bendungan ini merupakan tanggung jawab Perum Jasa Tirta I, sedangkan pengelolaan PLTA menjadi urusan PT Pembangkitan Jawa-Bali (UP Brantas).

Bendungan Lahor difungsikan juga sebagai obyek wisata. Bahkan di sana sudah tersedia penginapan. Dan dalam hal wisata, Lahor sedikit lebih unggul. Lantaran, jalan di atas tembok waduk bisa menjadi jalan umum.

Mobil ringan dan sepeda motor boleh melintasinya, dengan lebih dulu membayar retribusi atau tiket masuk. Jalan itu akhirnya kerap juga digunakan sebagai jalan pintas bagi kendaraan dari arah Malang ke Blitar atau sebaliknya.

Sedangkan fasilitas wisata yang ada di Waduk atau Bendungan Lahor diantaranya, perahu, area memancing, spot swafoto, taman, hingga Playground yang bisa digunakan anak-anak.

Di Bendungan Lahor juga terdapat sentra kuliner. Letaknya di area parkir sekaligus rest area. Kuliner yang dijual dengan harga terjangkau. Sehingga, wisatawan tidak perlu takut soal kuliner di tempat tersebut.

Waduk Selorejo

Bendungan-Karangkates.jpgBendungan Karangkates yang berada di Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.  (FOTO: Ayo Dolan ke Jatim).

Bendungan atau Waduk Selorejo terletak di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Atau tepatnya berada di wilayah Malang Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar.

Bendungan Selorejo beroperasi dan diresmy pada tahun 1970 silam. Bendungan ini dikelola langsung oleh Perum Jasa Tirta I. Utamanya, bendungan ini berfungsi untuk menampung kelebihan air hujan dan debit Kali Konto.

Selain itu, fungsi lainnya untuk budidaya perikanan, irigasi, serta PLTA. Namun kini, semakin bertambah fungsi menjadi objek wisata, dengan berbagai wahana menariknya. Oleh karena itu, pengunjung dapat menikmati bendungan ini untuk tempat berlibur.

Keindahan alamnya sungguh luar biasa, karena dikelilingi gunung maupun pegunungan. Juga terdapat lokasi danau yang begitu memukau. Danau ini berukuran sangat luas, serta dari situ dapat terlihat  gunung. Diantaranya Gunung Kawi, Anjasmoro, Kelud dan Gunung Arjuno.

Sama seperti dua Bendungan lainnya, di tempat tersebut bisa juga memancing dan berkeliling dengan perahu. Di tempat tersebut juga terdapat kolam renang dan penginapan.

Keberadaan Bendungan Selorejo ini semakin melengkapi destinasi wisata waduk di Kabupaten Malang yang bisa jadi jujugan pada libur tahun baru kali ini. (*)

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.