https://bengkulu.times.co.id/
Wisata

4 Desa Wisata di Sumba Timur dengan Keindahan Alam dan Budaya yang Memukau

Minggu, 07 Juli 2024 - 04:31
4 Desa Wisata di Sumba Timur dengan Pesona Alam dan Budayanya Menakjubkan Potensi Desa wisata di Sumba Timur. (FOTO: Yudi U.T Rawambaku)

TIMES BENGKULU, SUMBA TIMUR –  

Sumba Timur memiliki banyak sekali objek wisata alam dan budaya yang menjadi bagian dari destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur telah menetapkan 14 desa wisata berdasarkan potensi masing-masing wilayah. Namun, ada 4 desa wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara karena pesona alam dan budayanya yang menakjubkan.

Potensi-Desa-wisata-2.jpg

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur Yudi Umbu T.T Rawambaku, Sabtu (6/7/2024).

Desa wisata di Sumba Timur yang memiliki pesona alam dan budayanya yakni, Desa Watuhadang. Desa ini terletak di Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur dengan hamparan seluas 7.050 Ha. Menyimpan berbagai potensi kekayaan alam hingga budaya lokal.

Kerajinan tenun menjadi kebanggaan utama dari Desa ini. Para penenun yang ada terus melestarikan budaya ini. Selain kerajinan tenun ikatnya Desa Watuhadang menjadi destinasi wisata alam yang luar biasa karena keunikan topografinya yaitu savana yang luas di dataran perbukitan.

Potensi-Desa-wisata-3.jpg

Kedua, Desa Kaliuda yang terletak di Kecamatan Pahunga Lodu, Kabapaten Sumba Timur. Potensi pendukung yang ada di Desa Kaliuda yaitu kampung tenun ikat Kaliuda yang terkenal di pulau Sumba. Selain itu, desa ini memiliki padang savana di Tandening sebagai lokasi pacuan kuda dan ritual adat Purru La mananga di kampung Kamarru.

“Desa wisata Kaliuda ini merupakan Desa penghasil tenun ikat kain Kaliuda,” tutur Yudi.

Ketiga Desa Mondu yang terletak di Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Desa ini didukung dengan beberapa potensi wisata seperti kampung tradisional Prainatang dan proses pembuatan kerajinan tenun ikat Kanatang di Kampung Mondu.

Selain itu di Desa Mondu ada air terjun Tanggedu, pantai Kapihak dan pantai Purru Kambera. Ada juga padang savana di kampug Mondu sebagai destinasi wisata fotografi, lokasi prewedding dan naik kuda.

“Potensi pendukung lainnya Desa Mondu adalah kuda ronggeng atau bisa menari ketika mendengar musik alat tradisional,” ungkapnya.

Yang Keempat lanjut Yudi, Desa Laijanji yang terletak di Kecamatan Wulla Wejelu. Terdapat tiga potensi wisata pendukung di desa ini yakni, potensi wisata pantai Watuparunnu, pantai Kalala sebagai spot surfing dan pantai Wulla salah satu lokasi untuk memancing.

Pantai Watuparunu merupakan salah satu pantai terkenal. Watuparunu yang artinya batu yang berlubang, akan menjadi salah satu destinasi jika berkunjung di Sumba Timur.

Pantai Watuparunu ini dikenal sebagai pantai dengan pemandangan batu karang berlubang di Sumba Timur. “Pantai Watuparunu ini panorama lautnya juga menakjubkan. Sangat cocok untuk bertamasya bersama keluarga,” papar Yudi. (*)     

Pewarta : Moh Habibudin
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.