https://bengkulu.times.co.id/
Pendidikan

Buruan Daftar, Kemenag Buka 50 Kuota Beasiswa Maroko 2024

Selasa, 14 Mei 2024 - 21:07
Buruan Daftar, Kemenag Buka 50 Kuota Beasiswa Maroko 2024 Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Zainul Hamdi, di Jakarta, Selasa (13/5/2024). (Foto: Kemenag)

TIMES BENGKULU, JAKARTA – Kabar gembira bagi para siswa berprestasi. Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka program seleksi penerimaan beasiswa pemerintah Maroko untuk tahun 2024. 

Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi para lulusan Madrasah Aliyah, Pendidikan Diniyah Formal Ulya atau Satuan Pendidikan Muadalah di Indonesia untuk melanjutkan studi di Maroko. 

Program beasiswa ini merupakan kolaborasi antara Kemenag dan Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI) melalui Kedutaan Besar Maroko. 

Tahun ini, AMCI menyediakan kuota beasiswa sebanyak 50 orang untuk para talenta muda Indonesia yang ingin menimba ilmu di Maroko.

"Pendaftaran program seleksi penerimaan beasiswa ini dibuka dari 13 - 20 Mei 2024," ujar Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Zainul Hamdi, di Jakarta, Selasa (13/5/2024).

Proses seleksi akan dilakukan melalui dua tahap secara ketat. Tahap satu para calon mahasiswa akan mengikuti Seleksi Kemampuan Bahasa Arab (CBT Online) pada 1 Juni 2024. Peserta mengikuti CBT online dari rumah/lokasi masing-masing. Pengumuman peserta lolos CBT online pada 4 Juni 2024 melalui website [https://diktis.kemenag.go.id/](https://diktis.kemenag.go.id/)

Tahap 2, Seleksi Wawancara yang dilaksanakan pada 8-9 Juni 2024. Sedangkan mekanisme wawancara diinformasikan bersamaan dengan pengumuman peserta lolos CBT online.

"Seluruh rangkaian seleksi akan diumumkan pada 13 Juni 2024," jelas Ahmad Zainul Hamdi.

15 Lokasi PTKIN Siap Menjadi Tempat Seleksi

Pelaksanaan seleksi akan dilaksanakan di 15 lokasi PTKIN, yaitu:

1. UIN Syarif Hidayatullah

2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

3. UIN Maulana Malik Ibrahim

4. UIN Alauddin Makassar

5. UIN Sumatera Utara Medan

6. UIN Ar Raniry Banda Aceh

7. UIN Antasari Banjarmasin

8. UIN Sunan Ampel Surabaya

9. UIN Sunan Gunung DJati Bandung

10. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

11. UIN Mataram

12. UIN Imam Bonjol Padang

13. UIN Raden Intan Lampung

14. UIN Walisongo Semarang

15. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Sementara itu, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Abdul Rouf, menegaskan bahwa seleksi ini akan dilaksanakan secara transparan dan terbuka sehingga semua masyarakat bisa ikut serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Bagi para siswa berprestasi yang memiliki mimpi besar untuk melanjutkan studi di Maroko, program beasiswa ini merupakan kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan. Segera daftarkan diri Anda. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.