https://bengkulu.times.co.id/
Olahraga

Tour de Banyuwangi Ijen Sukses Jadi One of The Best di Asia

Jumat, 26 Juli 2024 - 10:14
Tour de Banyuwangi Ijen Sukses Jadi One of The Best di Asia Para pembalap Tour de Banyuwangi Ijen 2024 (FOTO: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMES BENGKULU, BANYUWANGITour de Banyuwangi Ijen (TdBI) 2024 berhasil meraih pengakuan sebagai salah satu ajang balap sepeda terbaik di Asia. Pengakuan ini datang dari International Commissaire Jamaludin Mahmud, yang menyatakan kekagumannya atas penyelenggaraan event tersebut. Dengan empat etape yang sukses digelar pada 21 Juli hingga 25 Juli 2024.

"Dengan kerjasama seluruh pihak di bawah pimpinan Ibu Bupati dan semua yang terlibat, termasuk polisi dan TNI, dan seluruh warga yang memberi dukungan yang hebat kepada event, saya bilang one of the best di Asia," kata Jamaludin

Inilah  yang membuat banyak pembalap dunia yang ikut di kejuaraan ini. Bahkan, pembalap dunia yang tampil di Grand Tour, Merhawi Kudus, Laas Martin, dan pembalap lainnya ikut di kejuaraan balap sepeda satu-satunya agenda UCI Race di Indonesia.

Jamaludin mengatakan telah banyak turut serta menangani berbagai balap sepeda di banyak negara. Saat ditugaskan untuk menangani TdBI sebagai race director, ia mengaku mendapat kesan baik sejak awal ajang balap digelar.

"Saya sudah banyak menangani acara-acara balap sepeda di Asia dan dunia. Dari awal pembukaan event ini, sudah menunjukkan perbedaan," ucap Jamaludin.

Ia menyebut, TdBI 2024 telah banyak bertransformasi dari pagelaran sebelum-sebelumnya. Banyaknya anak muda yang terlibat secara langsung dalam mengelola event menunjukan bahwa TdBI adalah pagelaran yang menarik bagi banyak orang.

Jamaludin juga mengaku TdBI adalah salah satu race yang ia inginkan hadir. Dia terlibat  penyelenggaraan TdBI sejak tahun pertama penyelenggaraan yakni di tahun 2012. 

"Saya melihat event ini akan berada di tahap yang teratas, terutama di Indonesia, dan akan lebih baik lagi kedepannya. Saya melihatnya setiap tahun terus meningkat," tambahnya.

Sementara President of The Commissaire Panel UCI, Tsunenori Kikuchi, mengucapkan selamat atas kesuksesan TdBI 2024.

"Setelah melewati masa-masa pandemi, Tour de Banyuwangi Ijen akhirnya lahir Kembali. Dengan melibatkan semua departemen yang ada di sini, tour ini mungkin akan menjadi lebih besar pada tahun berikutnya," kata Kikuchi.

Sama dengan Jamaludin, Kikuchi juga pernah menangani Tour de Banyuwangi Ijen pada perlombaan yang digelar sebelum pandemi. Ketika itu, ia juga  berharap bisa kembali terlibat pada balapan-balapan selanjutnya.

"Dan mimpi itu terwujud bahkan saya menjadi pimpinan commissaire di tahun ini," tambahnya.

Kikuchi berharap, TdBI tak berhenti pada 2024. Ajang balap yang juga dinanti-nanti oleh para pembalap lintas negara ini diharapkan dapat terus digelar setiap tahunnya pada tahun-tahun mendatang. 

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan akan terus menggelar TdBI sebagai bagian dari pengembangan sport tourism di Banyuwangi. Ipuk menilai event ini  telah menjadi ikon Banyuwangi.

"Kami bertekad untuk melanjutkan Tour de Banyuwangi Ijen di tahun-tahun mendatang, tentu dengan segala perbaikan di dalamnya," kata Ipuk. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.