Gaya Hidup

Bekas Luka di Kulit Membandel? Begini Cara Menghilangkannya  

Kamis, 08 Februari 2024 - 00:11
Bekas Luka di Kulit Membandel? Begini Cara Menghilangkannya   Ilustrasi - Bekas Luka membandel di kulit (FOTO: TIMES Indonesia)

TIMES BENGKULU, MALANG –  Luka yang meninggalkan bekas di kulit dapat menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang. Namun, dengan perawatan yang tepat dan penggunaan metode yang sesuai, bekas luka dapat dihilangkan atau diminimalkan. 

Berikut panduan tentang cara mengatasi masalah bekas luka yang membandel secara efektif.

Luka pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cedera, operasi, jerawat, atau kondisi kulit tertentu. Ketika luka sembuh, seringkali meninggalkan bekas yang dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Namun, ada berbagai cara untuk menghilangkan bekas luka dan memulihkan keindahan kulit.

Dokter kulit dapat merekomendasikan berbagai perawatan medis untuk menghilangkan bekas luka, termasuk:

Terapi Laser: Penggunaan laser dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi pigmentasi yang berlebihan pada bekas luka.

Terapi Mikrodermabrasi: Prosedur ini menggunakan alat khusus untuk menghilangkan lapisan atas kulit yang rusak, sehingga merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat.

Injeksi Steroid: Untuk mengurangi peradangan dan membantu bekas luka mengecil.

Penggunaan Krim atau Salep Topikal: Beberapa krim atau salep yang mengandung bahan seperti retinoid, asam hialuronat, atau vitamin C dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan mengurangi penampilan bekas luka.

Perawatan Rumahan: Selain perawatan medis, ada juga beberapa langkah yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu menghilangkan bekas luka, seperti:

1. Penggunaan Pelembap: Menjaga kulit tetap terhidrasi dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi penampilan bekas luka.
2. Pakai Minyak Kelapa: Bekas luka dapat dikurangi menggunakan minyak kelapa. Caranya, oleskan minyak kelapa 2-3 sendok makan dan diamkan beberapa menit. 
3. Pemijatan: Memijat area bekas luka dengan lembut dapat membantu merangsang aliran darah dan regenerasi sel kulit.

Pencegahan: Melindungi area bekas luka dari sinar matahari langsung dengan menggunakan tabir surya dapat membantu mencegah pigmentasi yang berlebihan dan membuat bekas luka semakin mencolok.

Konsultasi dengan Dokter: Penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum memulai perawatan apa pun untuk bekas luka. Dokter dapat menilai kondisi kulit Anda secara menyeluruh dan merekomendasikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.