Gaya Hidup

Mengenal Penyebab dan Bahaya Kanker Sarkoma yang Diderita Alice Norin

Jumat, 16 Februari 2024 - 18:00
Mengenal Penyebab dan Bahaya Kanker Sarkoma yang Diderita Alice Norin Ilustrasi - kanker sarkoma

TIMES BENGKULU, JAKARTA – Aktris Alice Norin membagikan kabar kurang menyenangkan di laman media sosial instagram @alicenorin dan TikTok. Alice mengatakan ia tengah berjuang melawan kanker sarkoma.

"Aku divonis kanker sarkoma yaitu kanker langka yang berkembang di otot rahim," kata Alice yang diunggah di video TikTok pada Jumat (16/2/2024).

Unggahan Alice Norin ini mengundang simpati rekan-rekannya. Banyak yang memberikan semangat untuk Alice dalam menghadapi penyakit ini.

"Sending prayers kakk, bismillah kuaaat dan sehat lagi yaaah," tulis Enzy Storia.

Mengenal Kanker Sarkoma

Dalam laman resmi Rumah Sakit Pusat Pertamina dijelaskan, Sarcoma adalah jenis kanker yang dimulai di jaringan ikat, yang merupakan jaringan yang menghubungkan, mendukung, dan melindungi bagian tubuh lainnya. Sarcoma dapat terjadi di mana saja di tubuh, tetapi paling sering terjadi di tulang, otot, dan jaringan lunak.

Kanker sarkoma jaringan lunak menjadi salah satu tumor ganas (kanker) yang jarang ditemukan. Jumlahnya hanya 1 persen kasus pada orang dewasa, dan 7—10 persen pada anak-anak dan dewasa muda. Sarkoma jaringan lunak ini bisa menyerang bagian tubuh manapun.

Kebanyakan kanker sarkoma menyerang perut, lengan, dan tungkai. Namun yang perlu diingat, risiko mengalami kanker sarkoma ini akan meningkat seiring pertambahan usia.

Penyebab Kanker Sarkoma

Dilansir dari halodoc.com, menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh American Cancer Association disebutkan kalau sarkoma jaringan lunak terjadi akibat mutasi DNA di dalam sel, sehingga berkembang di luar kendali.

Sel-sel yang abnormal ini kemudian akan membentuk tumor yang bisa menyerang jaringan di sekitarnya. Bahkan, bisa menyebar ke tubuh bagian lain. Masalahnya, hingga saat ini penyebab terjadinya mutasi DNA belum dapat diketahui secara pasti.

Dengan kata lain, penyebab dari sarkoma jaringan lunak pun hingga kini belum diketahui. Namun, selain dari jenis sel yang mengalami mutasi genetik, beberapa ahli menduga kalau kanker sarkoma juga bisa terjadi karena virus, yaitu Kaposi’s sarcoma. Kanker yang jarang terjadi ini diakibatkan oleh virus herpes manusia tipe 8. Virusnya menyerang orang dengan sistem imunitas yang lemah.

Meskipun penyebabnya belum diketahui pasti, tetapi setidaknya ada beberapa hal yang dihubungkan dengan munculnya sarkoma.

Gejala Kanker Sarkoma

Ada lebih dari 100 jenis kanker sarkoma yang berbeda. Setiap jenis sarcoma memiliki karakteristik yang unik, tetapi semua sarcoma memiliki satu kesamaan: mereka adalah kanker yang ganas, yang berarti mereka dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Gejala sarcoma dapat bervariasi tergantung pada jenis dan lokasi tumor. Beberapa gejala umum sarcoma meliputi:

- Benjolan yang tidak nyeri

- Nyeri tulang

- Kelelahan

- Kehilangan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

- Demam

- Berkeringat di malam hari

Jika Anda mengalami salah satu gejala ini, penting untuk segera menemui dokter. Kanker Sarkoma adalah penyakit yang serius, tetapi dengan diagnosis dan pengobatan yang tepat, prognosisnya biasanya baik. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.