Gaya Hidup

9 Makanan Sarapan Khas Asia Tenggara, Mana yang Sudah Anda Coba?

Jumat, 09 Februari 2024 - 05:27
9 Makanan Sarapan Khas Asia Tenggara, Mana yang Sudah Anda Coba? Ilustrasi: Banh Mi, hotdog ala Vietnam yang deringnya disajikan saat sarapan. (Foto: Freepik)

TIMES BENGKULU, JAKARTASarapan adalah waktu yang penting dalam sehari, dan setiap negara memiliki tradisi sarapan mereka sendiri. Di Asia Tenggara, kawasan yang kaya akan keanekaragaman budaya.

Artikel ini akan menghadirkan 9 hidangan sarapan yang lezat dan bergizi. Berikut adalah daftar sarapan ala negara-negara di Asia Tenggara yang patut dicoba.

1. Nasi Lemak (Malaysia)

Nasi-Lemak.jpgNasi Lemak Malaysia. (Foto: Freepik)

Nasi Lemak adalah hidangan sarapan populer di Malaysia. Hidangan ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan kelapa, ikan teri, telur rebus, irisan mentimun, kacang tanah, dan sambal pedas. Rasa gurih santan dan pedasnya sambal membuat sarapan ini begitu menggoda.

2. Congee (Tiongkok, tetapi populer di seluruh Asia Tenggara)

Congee atau bubur adalah sarapan yang umum di seluruh Asia Tenggara. Hidangan ini terbuat dari beras yang dimasak hingga lembut dan disajikan dengan berbagai topping seperti daging ayam, ikan, atau telur. Congee memberikan kehangatan dan kelembutan di pagi hari.

3. Banh Mi (Vietnam)

Banh Mi adalah roti lapis khas Vietnam yang menjadi sarapan favorit. Roti renyah di luar namun lembut di dalamnya diisi dengan berbagai bahan seperti daging panggang, ayam, atau bakso, dilengkapi dengan sayuran segar dan saus pedas. HIdangan ini juga dikenal sebagai hotdog. 

4. Kaya Toast (Singapura)

Kaya Toast adalah sarapan klasik Singapura. Roti panggang disajikan dengan lapisan kaya, sejenis selai dari telur, santan, dan gula. Biasanya disandingkan dengan telur setengah matang dan kopi kental yang disebut Kopi O.

5. Khao Tom (Thailand)

Khao Tom adalah bubur nasi Thailand yang diberi sentuhan unik dengan tambahan bumbu dan rempah. Bubur ini biasanya diisi dengan daging, ikan, atau sayuran. Tambahan seperti jahe dan bawang putih memberikan cita rasa yang kaya.

6. Lontong Sayur (Indonesia)

Lontong Sayur adalah hidangan sarapan khas Indonesia. Terbuat dari ketupat (nasi yang dibungkus dalam daun pisang) yang dimasak dengan kuah sayuran, ditambah dengan telur, tahu, dan tempe. Rasa lezat dan bergizi membuatnya menjadi pilihan sarapan yang populer di Indonesia.

7. Roti Canai (Malaysia dan India)

Roti Canai adalah roti pipih yang dimasak dengan mentega atau minyak. Roti ini disajikan dengan kuah kari yang lezat. Orang Malaysia sering menyantap Roti Canai bersama teh tarik atau kopi.

8. Champorado (Filipina)

Champorado-ala-Vietnam.jpgChamporado (Foto: wildlight studio/Freepik)

Champorado adalah bubur khas Filipina yang terbuat dari beras ketan yang dimasak bersama cokelat. Biasanya disajikan dengan ikan asin atau daging kambing panggang. Champorado memberikan sentuhan manis dan gurih yang cocok untuk memulai hari.

9. Mie Goreng (Malaysia dan Indonesia)

Mie Goreng merupakan sarapan khas Malaysia dan Indonesia. Mie dimasak dengan bumbu pedas, kecap manis, dan berbagai bahan seperti telur, udang, dan sayuran. Masakan ini memiliki rasa gurih, pedas, dan manis dalam satu suapan.

Dengan mencoba hidangan-hidangan sarapan ini, anda dapat merasakan kekayaan rasa dan kebudayaan yang ditawarkan oleh negara-negara di Asia Tenggara. Sarapan adalah

Setiap hidangan sarapan di atas mencerminkan keanekaragaman rasa dan keunikan budaya di Asia Tenggara. Jelajahi cita rasa pagi yang berbeda di setiap negara dengan mencoba masakan-masakan di atas. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.