Gaya Hidup

Resep Aneka Sambal Rumahan

Kamis, 30 Juni 2022 - 15:24
Resep Aneka Sambal Rumahan Sambal Tomat. (foto: Fimela.com)

TIMES BENGKULU, JAKARTASambal hampir tidak pernah dilupakan dan menjadi menu sampingan wajib untuk dinikmati bersama dengan sayur dan lauk lainnya.

Sambal yang nikmat dan lezat tak harus kita beli di luar. Kita bisa buat sambal di rumah sendiri. Berikut aneka resep sambal rumahan yang nikmat: 

 1. Sambal Bajak 

Bahan sambal bajak diantaranya, segenggam cabai rawit, delapan cabai merah keriting, lima siung bawang putih, garam, dan minyak panas secukupnya.

Cara membuatnya mudah. Goreng cabai dan bawang sebentar lalu diuleg sampai kasar. Lalu tambahkan garam secukupnya, kemudian siram dengan minyak panas. Sambal bajak siap disajikan dan dinikmati. 

 2. Sambal Bawang Pedas

Bahan yang diperlukan antara lain 500 gram cabai rawit, 750 gram bawang merah. dan 15 siung bawang putih, 80 gram atau setara dengan satu keping gula jawa, empat sendok makan gula pasir, satu sendok kaldu jamur, minyak goreng, dan garam.

Langkah membuatnya yakni dengan menggoreng bawang merah utuh yang sudah dikupas bersama dengan cabai rawit kemudian tiriskan. Blender cabai dan bawang tersebut kemudian tambahkan dengan bawang putih mentah uga minyak goreng. Setelah diblender, masukkan ke dalam wajan dengan ditambah gula, garam, kaldu. Sambal siap dinikmati.

 3. Sambal Tomat

Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal tomat antara lain, tujuh cabai rawit hijau dan keriting hijau, lima cabai rawit merah dan keriting merah, satu buah tomat merah, garam, gula, dan dua sendok makan air limo.

Membuatnya cukup dengan menumis cabai dan tomat hingga layu kemudian uleg samil menambahkan gula dan garam. Tambahkan air jeruk limau sedikit, sambal siap dinikmati. 

 4. Sambal Bawang Gurih

Sambal ini termasuk sambal yang cukup simple. Bahannya hanya terdiri dari dua ons bawang merah, 1,5 ons cabai rawit merah, dan sepuluh cabai rawit hijau.

Cara membuatnya, rebus semua bahan sebentar saja kemudiaa tiriskan. Uleg sampai kasar lalu goreng dan tambahkan garam dan kaldu bubuk. Selesai dan sambal siap disajikan dan dinikmati.

Itulah beberapa resep sambal yang dapat dicoba di rumah maupun di kos-kosan. Sambal simple dan sederhana ini juga nikmat disantap dengan nasi yang masih hangat. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.