https://bengkulu.times.co.id/
Gaya Hidup

5 Ide Masakan Indonesia untuk Sarapan Praktis dan Bergizi

Selasa, 06 Februari 2024 - 01:22
5 Ide Masakan Indonesia untuk Sarapan Praktis dan Bergizi Ilustrasi: Nasi goreng nanas. (Foto: Poringdown/Freepik)

TIMES BENGKULU, JAKARTA – Pagi yang padat sering kali membutuhkan sarapan yang cepat dan bergizi. Namun sebagai warga negara Indonesia, cita rasa masakan Indonesia akan selalu menggoda.

Ada beberapa masakan Indonesia dari berbagai penjuru Negeri Katulistiwa yang sangat mudak dan tidak memakan waktu untuk diuat. Bahannyapun bisa diperoleh dari masakan sisa kemarin yang masih layak untuk dikonsumsi kembali.

Mungkin beberapa bahan akan ditambahkan untuk menambahkan rasa dan kelezatan. Tentunya tanpa mengurangi nilai gizi yang diperoleh dari masakan tersebut. Berikut adalah lima ide sarapan praktis yang memadukan cita rasa lokal.

1. Bubur Ayam dengan Aneka Topping

Bubur ayam adalah sarapan klasik yang bisa disiapkan dengan cepat. Jika anda memiliki sisa nasi kemarin anda bisa memilih membuat makanan ini. Cukup merebus nasi kedalam air yang sudah dipanskan selama 15 menit dengan air cukup hingga memperoleh konsistensi yang diinginkan.

Tambahkan potongan ayam suwir, bawang goreng, seledri cincang, dan kerupuk sebagai topping. Bubur ayam memberikan kehangatan dan kelezatan untuk memulai pagi.

2. Nasi Goreng Nenas dan Telur Mata Sapi

Sajikan nasi goreng dengan sentuhan lokal. Nasi sisa kemarin ditambah bumbu-bumbu sederhana seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan tomat akan menjadikan masakan sempurna. Tambahkan nenas untuk meningkatkan kesegaran dan rasa unik.

Tambahkan telur mata sapi di atasnya untuk protein tambahan. Sajikan dengan acar untuk sentuhan segar. Kerupuk pun bisa jadi pelengkap sempurna untuk makanan ini.

3. Lontong Sayur Lezat

Lontong sayur adalah sajian lezat yang dapat menjadi pilihan sarapan praktis. Sayuran seperti kacang panjang, tauge, dan labu siam dimasak dengan santan dan disajikan dengan lontong. Berikan tambahan sambal untuk penggemar pedas. Telur rebus dan tahu atau tempe goreng bisa jadi penambah rasa.

4. Pisang Goreng Cokelat Keju

Pisang goreng adalah camilan klasik Indonesia. Caranya membuatnya pun sangat mudah. Hanya perlu menambahkan adonana tepung yang sudah dicampur dengan sedikit gula, garam dan santan, atau vanili jika ada.

Agar lebih kaya, tambahkan taburan cokelat serut dan keju parut di atas pisang goreng. Ini memberikan kombinasi manis, gurih, dan lezat untuk sarapan yang memuaskan.

5. Bakmi Goreng Seafood

Siapkan bakmi goreng dengan tambahan seafood seperti udang, cumi, dan ikan. Tambahkan sayuran seperti sawi, wortel, dan bawang bombay untuk memperkaya cita rasa dan memberikan gizi yang seimbang.

Dengan memasukkan sentuhan masakan Indonesia dalam menu sarapan, anda tidak hanya mendapatkan rasa khas, tetapi juga memberikan nutrisi yang diperlukan untuk memulai hari dengan semangat. Mari leburkan rasa lokal ke dalam menu sarapan sehari-hari dan nikmati kelezatan Indonesia di setiap suapannya. Selamat menikmati!

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.