Berita

PPI Connect Diharapkan Menjadi Jembatan Para Alumni PPI Dunia

Jumat, 26 Mei 2023 - 19:47
PPI Connect Diharapkan Menjadi Jembatan Para Alumni PPI Dunia Koordinator PPI Dunia Achyar Alrasyid memberikan cinderamata ke Wapres Ma’ruf Amin saat PPI Connect. (FOTO: PPI Connect)

TIMES BENGKULU, JAKARTAPPI Connect yang digawangi oleh PPI Dunia berhasil dibuka meriah dengan kedatangan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. Kegiatan ini dilangsungkan di Grand Ballroom Menara BNI Pejompongan, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

MA'ruf Amin menggarisbawahi pentingnya organisasi bagi pendidikan warga di masa depan. Dirinya juga berharap alumni PPI Dunia dapat memebrikan sumbangsih nyata bagi kemajuan pendidikan di tanah air. 

"Hanya 0,02 persen yang menempuh pendidikan S3. Sementara S2 hanya 0,3 persen dan S1 hanya 5 persen. Jadi hanya 6 persen orang Indonesia yang menempuh pendidikan tinggi. Harapan saya PPI Dunia dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya,” jelasnya. 

Sejalan dengan Wapres, Dalam sambutannya, Koordinator PPI Dunia, Achyar Alrasyid, menyampaikan bahwa modal sosial Alumni Connect perlu dibentuk untuk menjadi ekosistem berkelanjutan antara pelajar atau mahasiswa yang masih berkuliah dan para alumninya yang sudah lulus. 

Hal tersebut akan menciptakan regenerasi ide, gagasan, dan potensi yang dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Alumni Connect merupakan serangkaian kegiatan yang mendorong pembentukan wadah bagi lulusan PPI Dunia. Setidaknya terdapat 54 organisasi ikatan alumni pelajar luar negeri dari 62 negara PPI di seluruh dunia.

Dalam sarasehan tersebut Alumni Connect ini juga melibatkan serangkaian diskusi panel yang membahas isu terkini dan tantangan dalam lima sektor utama, yaitu ekonomi, kebijakan publik, pendidikan, kepemudaan, dan bisnis. Beberapa tokoh nasional lulusan luar negeri juga hadir sebagai panelis atau pembicara yang kini berkarir di berbagai profesi.

Di antara panelis hadir adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, SVP Head of Investor Relation and Acting Yohan Setio, Ketua Bidang Internasional HIMPI Muhammad Aaron Annar Sampetoding, Chairman Pemimpin.id Hendarsyah Aditya, serta Commissioner Omega Education Group Soebowo Musa.

Selain itu, hadir juga Pendiri Wahid Foundation Yenny Wahid, Plt. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Prof. Nizam, Chairman PT Ilthabi Rekatama Ilham Akbar Habibie, serta Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

"Kami sangat ingin agar PPI Connect ini menjadi wadah yang memperkuat jaringan antara para alumni anggota PPI Dunia, mendorong kolaborasi, bahkan memberikan inspirasi," tutup Hamzah Assuudy Lubis, Ketua Panitia Pelaksana Alumni Connect. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.