Berita

Peresmian Kantor KIAT, Menteri PUPR RI: Tingkatkan Kerjasama Indonesia-Australia

Senin, 22 Mei 2023 - 19:55
Peresmian Kantor KIAT, Menteri PUPR RI: Tingkatkan Kerjasama Indonesia-Australia Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono hadir saat hadir di peresmian kantor KIAT di Menara Standard Chartered, Jakarta, Senin (22/5/2023). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES BENGKULU, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono hadir dalam peresmian kantor baru Indonesia Australia Partnership for Infrastructur atau Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) di Menara Standard Chartered, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dengan Australia sudah terjalin dengan baik, sehingga dapat merealisasikan harapan-harapan kedua negara terhadap pengembangan infrastruktur di Indonesia.

Menteri PUPR RI menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang telah terjalin antara kedua negara di bidang infrastruktur, di mana Kementerian PUPR RI bersama KIAT telah bekerjasama di bidang jalan, air bersih, sanitasi, dan skema Kerjasama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). 

Basuki-Hadimuljono-8.jpg

"Yang menjadi unik di KIAT ini tidak hanya bermitra dengan membantu Kementerian PUPR dalam physical development program, tetapi juga seperti konsep-konsep regulasi yang baru di introduce kepada kami dibantu oleh KIAT, seperti KPBU dan hibah jalan daerah,” kata Menteri PUPR RI.

Pada kesempatan tersebut, Menteri PUPR RI juga menyampaikan ucapan terima kasih terkait dukungan program percepatan penanganan kerusakan jalan daerah sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah yang telah dikeluarkan oleh Presiden pada bulan Maret 2023. 

“Sebetulnya sudah diusulkan kepada Kementerian Keuangan untuk menjadi program APBN, tetapi karena banyaknya keluhan kerusakan jalan daerah kepada Bapak Presiden, kami survive dengan Inpres jalan daerah yang segera kita lakukan bulan Juli ini. Kami juga mendapat laporan dari Direktur Jenderal Bina Marga bahwa KIAT juga akan mensupport Inpres Jalan Daerah dalam rangka mutu jalan daerah, terima kasih atas dukungannya,” kata Menteri PUPR RI.

Sebagai penutup, Menteri PUPR RI menyampaikan selamat kepada KIAT yang telah meresmikan kantor baru di DKI Jakarta.

Menteri PUPR RI berharap dengan adanya kantor baru tersebut tidak hanya menyediakan ruang kerja bagi pegawai KIAT, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Kementerian PUPR RI dengan Pemerintah Australia dalam meningkatkan kolaborasi pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

“Sekali lagi terima kasih atas dukungan KIAT selama ini, dan untuk future saya kira kita dapat meningkatkan kerja sama ini untuk kemajuan Indonesia,” kata Menteri PUPR RI.

Direktur Fasilitas KIAT Steven Chaytor mengatakan sejumlah kerja sama konkrit yang telah dan akan dilakukan antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR RI dengan bantuan pendanaan Pemerintah Australia di antaranya program Provincial Road Improvement and Maintenance yakni program yang menyediakan dana hibah berbasis kinerja dan peningkatan kapasitas untuk pengembangan jalan daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Probolinggo. 

“Kami juga menjalankan Program Hibah Jalan Daerah dengan  memberikan bantuan teknis untuk sistem pengelolaan aset jalan dan mendukung kapasitas pemerintah daerah untuk perbaikan jalan,” katanya.

Selain itu juga tengah disiapkan program pembangunan Jalan Tol Pejagan-Cilacap yang mengintegrasikan desain tahan iklim, pembangunan instalasi dan jaringan pengolahan air limbah Palembang, program peningkatan kinerja teknis dan finansial BUMD Air Minum, penyelesaian proyek pemeliharaan jalan sub-nasional. 

Turut hadir dalam acara peresmian, Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Krisno Yowono, dan Kepala Pusat Analisis Pelaksanaan Kebijakan Eko Suhendratma. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.