Berita

Sejarah Hari Ini: 12 April, Mengenang 60 Tahun Perjalanan Yuri Gagarin ke Luar Angkasa

Senin, 12 April 2021 - 12:19
Sejarah Hari Ini: 12 April, Mengenang 60 Tahun Perjalanan Yuri Gagarin ke Luar Angkasa Penonton menyaksikan proyeksi potret Yuri Gagarin untuk menandai ulang tahun ke-60 penerbangan luar angkasa manusia pertama di Saint Petersburg, Rusia (12/4/2021). (Foto: Antara Foto/Reuters/Anton Vaganov/aww)

TIMES BENGKULU, JAKARTASejarah hari ini membahas perjalanan monumental manusia dalam menjelajah alam semesta. 60 tahun lalu, tepatnya pada 12 April, 1961, pesawat luar angkasa Vostok 1, Soviet membawa kosmonot Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang berada di luar angkasa. 12 April juga menjadi hari bersejarah bagi Amerika Serikat, saat Presiden Franklin D Roosevelt meninggal dunia. 

1961: Yuri Gagarin Orang Pertama di Luar Angkasa

Yuri-Gagarin.jpgYuri Gagarin (Foto: AFP)

Dalam penerbangan bersejarah itu, Yuri Alekseyevich Gagarin, seorang pilot penguji di Angkatan Udara Soviet menjadi manusia pertama yang mengorbit di luar angkasa. Yuri yang saat itu berusia 27 tahun berada di luar angkasa selama 89 minutes.

Atas pencapaiannya tersebut, Yuri Gagarin  mendapat penghargaan paling bergengsi yakni berupa medali "Hero of the Soviet Union”. Bahkan Gagarin dianugerahi penghargaan oleh Presiden RI saat itu, Soekarno yakni Bintang Mahaputra.

Memperingati 60 tahun keberhasilan ini, Rusia menggelar proses peringatan di Saint Petersbrug, Rusia.

Tidak hanya itu, Pemerintah Rusia juga memberikan kado patung Kosmonot Yuri Gagarin ke pemerintah Indonesia. 

Dikutip dari kompas, patung tersebut diletakkan di Taman Mataram, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pemberian hadiah patung tersebut dalam rangka merayakan hubungan bilateral antara Indonesia dan Rusia yang telah mencapai usia 70 tahun. "Ini simbol persahabatan Rusia-Indonesia," kata Anies.

1912: Lahirnya Sri Sultan Hamengkubuwono IX

Sri-Sultan-Hamengkubuwono-IX-di-Keraton-Yogyakarta-1971-Dok-TEMPO-Tuti-Kakiailatu.jpgSri Sultan Hamengkubuwono IX di Keraton Yogyakarta, 1971. (Foto: Dok TEMPO/ Tuti Kakiailatu)

Sri Sultan Hamengkubuwono IX merupakan Raja Keraton Yogyakarta periode 1940-1988. Sebelum itu, dirinya juga pernah menjabat sebagai wakil presiden Indonesia tahun 1973-1978. Sri Sultan Hamengkubuwono IX memiliki nama asli Gusti Raden Mas Dorodjatun. Dirinya lahir di Yogyakarta pada 12 April 1912 dan meninggal pada 2 Oktober 1988, di Washington DC tepat diusianya yang ke 73 tahun. 

1945: Wafatnya Presiden AS Franklin D Roosevelt

Presiden-AS-Franklin-D-Roosevelt.jpgPresiden ke-32 AS Franklin D. Roosevelt (Foto: leftcall)

Franklin D Roosevelt merupakan presiden ke-32 Amerika Serikat. Dilanair dari History, Roosevelt meninggal pada usia 63 tahun karena pendarahan pada otaknya. Saat itu Roosevelt, yang masih menjabat sebagai Presiden AS mengeluhkan sakit kepala yang luar biasa. Kemudian dirinya pingsan ditempat peristirahatannya yakni Warm Springs, Georgia. Roosevelt dimakamkan di Hyde Pak, New York. 

Ia menjabat sebagai presiden kurang lebih selama 12 tahun, dan merupakan satu-satunya Presiden Amerika Serikat yang terpilih empat kali dalam masa jabatan dari tahun 1933 hingga 1945. Selama masa jabatannya, Franklin D Roosevelt memimpin krisis ekonomi yang paling parah dan sebagian Perang Dunia II. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.