Berita

Rahasia Tidur Pinguin: Microsleeping dan Perbedaannya dengan Tidur Ayam

Sabtu, 02 Desember 2023 - 01:20
Rahasia Tidur Pinguin: Microsleeping dan Perbedaannya dengan Tidur Ayam Cara pinguin tidur sambil menjaga anak-anaknya. (Foto: BBC)

TIMES BENGKULU, JAKARTA – Seorang ilmuwan Korea,memeiliki ide untuk meneliti cara tidur pinguin. Won Young Lee dan tim, ilmuwan dari Korean Polar Research Institute, berhasil memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kehidupan pinguin, terutama dalam konteks pola tidur yang unik setelah melakukan penelitian beberapa waktu.

Pengamatan lapangan oleh Lee terhadap pinguin yang sedang berkembangbiak mengungkapkan bahwa mereka seringkali mengedipkan mata dan tampak menutup mata beberapa saat selama observasi. Namun, untuk memastikan bahwa pinguin benar-benar sedang tidur, tim peneliti perlu merekam gelombang otak.

Menurut hasil penelitian, pinguin cenderung menutup mata secara berkala selama sekitar 4 detik ribuan kali dalam sehari untuk tidur. Dengan perhitungan tersebut, diperkirakan mereka tidur lebih dari 12 jam setiap hari.

Microsleeping Pinguin

Fenomena tidur ini, diberi nama "microsleeping". Microsleeping merupakan fenomena tidur yang terjadi dalam durasi yang sangat singkat, umumnya kurang dari satu menit, dan seringkali terjadi secara tidak disadari.

Cara ini menjadi pilihan bagi pinguin untuk istirahat tanpa benar-benar memasuki tidur yang dalam. hal ini perlu dilakukan terutama bagi mereka yang sedang menjaga anak-anak dari serangan predator.

Sebelumnya, penelitian semacam ini belum pernah dilakukan pada pinguin. Namun penelitian cara tidur binatang lain seperti singa laut sudah pernah dilakukan. Temuan menarik ini memberikan wawasan baru tentang kehidupan pinguin, dan informasi semacam ini dapat menjadi bahan penelitian yang berharga.

Cara Pinguin Muda Tidur

Pinguin-a.jpgCara pinguin tidur sambil menjaga anak-anaknya. (Foto: Won Young Lee via AP)

Sementara itu, pinguin muda memiliki durasi yang lebih lama saat tidur. Mereka mampu tidur lebih lama dan tanpa kekhawatiran.

Pinguin muda akan mengambil tidur pendek selama kurang lebih 10 menit dengan cara berbaring atau memasukkan muka mereka ke dalam lipatan sayap atau ketiak.

Setidakknya mereka akan melakukan kegiatn tersebut beberap kali dalam satu jam. "Pinguin muda yang kami miliki tidur mampu lebih lama dan pada umumnya lebih memilih tidur terlentng," ungkap Lindsay Ireland, petugas Detroit Zoo seperti dalam unggahan video AP

Microsleeping ini  irip dengan cara yang dimiliki induk ayam saat menjaga anak-anaknya. Perbedaan utama antara microsleeping pinguin dan tidur ayam terletak pada pola tidur yang sangat singkat dan sering terputus-putus pada pinguin.

Pinguin cenderung membuka dan menutup mata mereka dalam hitungan detik, menciptakan pola tidur unik yang disebut microsleeping. Sebaliknya, ayam lebih cenderung tidur secara kontinu dan dalam.

Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang kehidupan pinguin, dan semakin banyak penelitian seperti ini akan membantu kita memahami lebih dalam rahasia alam dan perilaku unik hewan-hewan di kutub. (*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.