Berita

Mahfud MD Resmikan Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa di 10 Provinsi

Jumat, 01 Juli 2022 - 21:52
Mahfud MD Resmikan Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa di 10 Provinsi Menko Polhukam Mahfud MD meresmikan Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa, di Kec Cimaung, Kab Bandung, Jumat (1/7/2022). (FOTO: Iwa/TIMES Indonesia)

TIMES BENGKULU, BANDUNG – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD bersama Jaksa Agung ST. Burhanuddin, meresmikan Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa, di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jumat (1/7/2022). Turut mendampingi dalam peresmian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Tak hanya di Bandung, dalam kesempatan itu Menko Polhukam Mahfud MD juga meresmikan Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa di sembilan provinsi lainnya secara serentak melalui virtual. 

Adapun total 10 balai tingkat provinsi di wilayah hukum Kejaksaan Tinggi tersebut, yaitu Aceh, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Banten, dan Jawa Barat. 

Selain itu  di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Adapun totalnya adalah 34 balai. 

"Balai Adhyaksa sebagai sarana rehabilitasi bagi penyalahguna dan pecandu narkoba hari ini telah saya resmikan serentak 10 balai di tingkat provinsi," kata Mahfud dalam sambutannya. 

Mahfud menuturkan, Kejaksaan Agung sudah mendorong keadilan restoratif pada tindak pidana narkoba dengan menerbitkan Pedoman Jaksa Agung tentang Penyelesaian Penanganan Perkara Tindak Pidana Narkoba melalui Rehabilitasi, terutama korban. 

Adapun Balai Rehabilitasi Adhyaksa dimaksudkan untuk memulihkan penyalahgunaan narkoba. 

"Harapannya setelah selesai menjalani rehabilitasi mereka pulih terhadap ketergantungan narkoba, pulih secara fisik, dan dapat diterima oleh lingkungan. Itulah filosofi lembaga pemasyarakatan," tutur Mahfud MD. (*)

Pewarta : Iwa Ahmad Sugriwa
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.