Berita

Presiden RI Jokowi: Makassar New Port Pelabuhan Terdalam di Indonesia

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:54
Presiden RI Jokowi: Makassar New Port Pelabuhan Terdalam di Indonesia Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Erick Thohir pada peresmian Makassar New Port (MNP) yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Makassar, Kamis (22/2/2024). Antara/ Suriani Mappong

TIMES BENGKULU, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengungkapkan apresiasi atas keberadaan Makassar New Port (MNP) sebagai pelabuhan terdalam di Indonesia dengan kedalaman mencapai 16 meter. Pelabuhan ini dinilai sangat baik untuk pelayanan bongkar muat kontainer.

"Makassar New Port ini juga merupakan pelabuhan terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta," ujar Presiden RI Jokowi pada peresmian MNP di Makassar, Kamis (22/2/2024).

Presiden Jokowi menyoroti bahwa MNP mendukung konektivitas pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan juga meningkatkan efisiensi biaya logistik.

Sebelumnya, biaya logistik di Indonesia rata-rata mencapai 24 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara tetangga yang hanya 9 - 12 persen. Hal ini terjadi karena pelabuhan di Indonesia belum terintegrasi dengan baik dengan industri atau pabrik yang berjarak jauh dari pelabuhan.

Namun, setelah pelabuhan terintegrasi seiring dengan merger Pelindo I, II, III, dan IV, biaya logistik telah turun menjadi 14 persen.

"Meskipun masih di atas biaya logistik dari negara lain, hal ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama," tambah Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyoroti peningkatan "Dwelling Time" atau masa tunggu kapal di pelabuhan. Sebelumnya, masa tunggu tersebut mencapai 5-7 hari, tetapi setelah efisiensi, rata-rata sudah di bawah tiga hari.

Kapasitas muatan pelabuhan juga meningkat signifikan, dari sebelumnya hanya 750 ribu TEUs menjadi 2,5 juta TEUs.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga membahas kemungkinan penggunaan bekas pelabuhan kontainer sebagai "city center", namun hal ini masih memerlukan persetujuan dari wali kota Makassar dan Gubernur Sulawesi Selatan. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.