Berita

Tips Kenali Sarung Koper Jemaah Haji Agar Tidak Tertukar

Jumat, 26 Mei 2023 - 16:44
Tips Kenali Sarung Koper Jemaah Haji Agar Tidak Tertukar Koper jemaah dengan sarung (cover) berwarna merah putih. (Foto: MCH 2023 Kemenag RI)

TIMES BENGKULU, JAKARTA – Penyelenggaaan haji tahun ini, jemaah haji Indonesia mendapatkan koper bagasi yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini, bentuk koper jamaah berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, kopernya lebih bagus dan dilengkapi dengan roda, hanya saja sarung (cover) nya sama berwarna merah putih," terang Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab, kepada media di Media Center Haji (MCH) Jakarta.

Untuk mencegah koper tertukar karena sarung yang sama, Saiful Mujab mengatakan bahwa setidaknya ada dua tanda pengenal pada koper jamaah. Pertama, di setiap koper jamaah terdapat ID card atau pengenal berupa barcode yang dapat di-scan menggunakan aplikasi Haji Pintar.

"Di setiap koper besar bagasi dan kabin terdapat ID card atau pengenal berupa barcode. Jamaah dapat memeriksa isi ID card (barcode) melalui aplikasi Haji Pintar, di mana akan ditampilkan nama, kloter, dan tempat pemondokan jamaah," kata Mujab pada Jumat (26/05/2023).

Kedua, Mujab melanjutkan, di setiap koper terdapat tali pita dengan warna yang berbeda untuk setiap embarkasi. Menurutnya, koper dengan tali pita berwarna ini memudahkan pengelompokkan koper saat pemulangan.

"Insya Allah, pihak Arab Saudi juga akan memberikan identifikasi ini, sehingga jika ada koper yang tersesat, cukup dengan membaca barcode-nya," ujar Mujab.

Ia menambahkan bahwa jika koper tertukar, hilang, atau terpisah, jamaah harus melaporkan dan berkoordinasi dengan petugas sektor.

"Petugas akan melacak apakah jumlah koper yang dibawa oleh truk dari bandara sesuai dengan jamaah, dan jika sudah sesuai, apakah koper tersebut berhenti di satu atau dua hotel. Sampai saat ini, kasus koper yang hilang, tertukar, atau tersesat dapat diatasi," tambahnya.

Hingga hari keempat operasional penyelenggaraan haji, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pada pukul 15.28 WIB, sebanyak 15.421 jamaah atau 40 kelompok terbang (kloter) telah diberangkatkan dari beberapa embarkasi, dan sebanyak 14.317 jamaah atau 37 kloter telah tiba di Madinah.(*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.