Berita

Hindari Tersesat, Kartu Identitas Jemaah Haji Wajib Selalu Dibawa, Barcode Simpan Data Lengkap

Sabtu, 27 Mei 2023 - 12:55
Hindari Tersesat, Kartu Identitas Jemaah Haji Wajib Selalu Dibawa, Barcode Simpan Data Lengkap Petugas haji Indonesia menyosialisasikan pentingnya kartu identitas jemaah selalu dibawa karena menyimpan data. (Foto: MCH 2023)

TIMES BENGKULU, MADINAH – Masih menjadi fenomena, banyak jemaah haji Indonesia yang bingung hingga akhirnya tersesat di sekitar Masjid Nabawi, Madinah. Peristiwa itu terutama terjadi saat jemaah haji pulang dari masjid menuju hotel tempatnya menginap.

Mereka banyak yang tidak hafal jalan menuju hotel, tak mengenali hotelnya baik nama maupun ciri-ciri lainnya.

Tapi, sebenarnya peristiwa itu bisa segera teratasi jika jemaah haji selalu membawa kartu identitas berwarna merah putih. Dalam kartu tersebut, terdapat barcode. Dengan barcode itu, identitas jemaah lengkap bisa segera diketahui jika discan melalui aplikasi Haji Pintar yang dapat didownload melalui handphone.

Dalam barcode itu juga tersimpan data nama hotel tempat jemaah haji tersebut menginap baik di Madinah maupun Makkah, sektor, wilayah, nomor hotel, nama ketua kloter lengkap nomor handphone, hingga nama ketua rombongan.

Fahmi Zulkarnain, salah seorang petugas PPIH Arab Saudi mengaku sudah beberapa kali mengantarkan jemaah haji Indonesia yang nyasar karena tidak tahu jalan pulang menuju hotel sepulang dari masjid.

"Jika jemaah membawa kartu identitas, petugas mudah melacak hotel tempatnya menginap, cukup scan barcode dari kartu identitas jemaah. Scan barcode dengan aplikasi Haji Pintar akan mempermudah petugas mengantar jemaah pulang," paparnya.

Zulkarnain menambahkan, aplikasi Haji Pintar juga bisa didownload oleh jemaah maupun petugas kloter. Sehingga, lanjutnya, bisa bersama-sama membantu jemaah haji lain jika tersesat.

"Maka, kartu identitas harus selalu dibawa. Jika nyasar, bisa tanya ke petugas, mencari petugas haji Indonesia yang berseragam khusus. Dari kartu identitas itulah, akan diketahui data hotel tempat jemaah menginap, sehingga memudahkan petugas atau jemaah lainnya mengantar," ujarnya. (*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.