https://bengkulu.times.co.id/
Berita

Inilah Jadwal Pengumuman UTBK 2023 dan Cara Cek Hasilnya

Selasa, 23 Mei 2023 - 00:04
Inilah Jadwal Pengumuman UTBK 2023 dan Cara Cek Hasilnya Ilustrasi Pengumuman UTBk 2023 (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMES BENGKULU, JAKARTA – Pengumuman UTBK 2023 menjadi salah satu moment penting yang ditunggu oleh semua peserta. Selain jadwal pengumuman yang wajib diketahui peserta juga harus paham bagaimana alur dalam proses pengecekan secara baik dan benar sesuai dengan aturan dan prosedur pelaksanaan.

UTBK SNBT yang dilakukan tahun ini merupakan ujian jalur seleksi nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Seleksi ini memiliki perbedaan dengan tes sebelumnya, misalnya adanya tes baru berupa tes skolastik untuk menggantikan tes potensi akademik yang telah dihapus.

Tes baru ini memiliki tujuan untuk mengukur empat dari kemampuan siswa dalam kedalaman potensi kognitif, kemudian penalaran matematika, lalu literasi dalam bahasa Indonesia, hingga literasi dalam bahasa Inggris. Adanya tes baru ini menentut siswa untuk lebih giat lagi dalam melakukan persiapan.

 Pelaksanaan UTBK tahun ini memang terbagi menjadi dua waktu, pertama tanggal 8 hingga 14 Mei sebagai gelombang pertama, dilanjutkan dengan tanggal 22 hingga 28 mei. Proses pengecekan dan hasil pengumuman semua peserta baik gelombang pertama dan kedua akan dilaksanakan secara serentak.

Lantas kapan Pengumuman UTBK 2023 sesuai jadwal resmi dan bagaimana cara peserta untuk melakukan pengecekan tersebut. Simak penjelasan berikut ini.

Jadwal Resmi Pengumuman UTBK 2023

Sesuai dengan informasi resmi dari pihak panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), jadwal untuk Pengumuman UTBK 2023 mulai diberikan kepada semua peserta di tanggal 20 Juni 2023.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa proses seleksi yang terbagi menjadi dua namun pengumuman hasil akhir secara akumulaif akan dilakukan bersamaan. Para peserta yang sebelumnya telah melaksanakan UTBK tahun ini baik gelombang I dan II bisa mempersiapkan diri untuk mengecek langsung hasil UTBK SNBT di laman resmi UTBK.

Proses untuk melakukan pengecekan juga akan dijelaskan selanjutnya sebagai berikut

Cara Cek Pengumuman UTBK 2023

Aspek selanjutnya untuk mengetahui hasil akhir terkait pelaksanaan Pengumuman UTBK 2023 tersebut, ada beberapa aspek yang perlu peserta siapkan terlebih dahulu. Salah satunya adalah nomor pendaftaran pada saat melakukan registrasi.

Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk dalam laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Selanjutnya peserta melihat hasil lebih lanjut maka tinggal klik pilihan “pengumuman SNBT”
  3. Ketika masuk pada menu tersebut lalu peserta wajib masukkan nomor pendaftaran SNBT kemudian Tanggal Lahir. Usahakan nomer peserta jangan keliru agar proses lebih cepat.
  4. Lalu klik tombol 'Lihat Hasil Seleksi sebagai langkah akhir

Semua mekanisme diatas menjadi acuan pentig bagi semua peserta untuk mengetahui hasil akhir terkait Pengumuman UTBK 2023.(*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.