https://bengkulu.times.co.id/
Berita

Jika Jemaah Haji Mulai Merasa Pusing akibat Suhu Panas Madinah, Lakukan Ini

Selasa, 23 Mei 2023 - 16:11
Jika Jemaah Haji Mulai Merasa Pusing akibat Suhu Panas Madinah, Lakukan Ini Kabid Kesehatan PPIH Arab Saudi, dr. M. Imran. (FOTO: MCH 2023)

TIMES BENGKULU, MADINAH – Jemaah haji 2023 asal Indonesia akan mulai tiba di Madinah pada Rabu, 23 Mei 2023. Petugas kesehatan di Madinah memberikan sejumlah atensi kepada para jemaah haji. Ini karena kondisi lingkungan Madinah berbeda dengan di tanah air.

Kabid Kesehatan PPIH Arab Saudi, d M. Imran menjelaskan, saat ini pada umumnya Arab Saudi memasiki musim panas. "Puncak musim panas terjadi pada bulan Juli dan Agustus. Juni hawa panas mulai terasa. Suhu panas, lebih dari 40 derajat celsius," ujarnya, Selasa (23/5/023).

Karakteristik lain dari lingkungan Madinah, kata M. Imran, kelembaban udara kering. Dampaknya, lanjut Imran, panas terasa begitu menyengat dan
tidak menyebabkan keringat. "Padahal keringat bisa membuat kulit tidak kering. Karena tidak berkeringat, maka tidak ada proses pengeringan," tambahnya.

Jemaah-haji-1.jpgJemaah haji disarankan membawa payung, maskee, water spray dan lainnya karena suhu panas. (FOTO: MCH)

Sedangkan kondisi tersebut berdampak menimbulkan penyakit bagi jemaah haji 2023 asal Indonesia di Madinah. Penyakit ringan, kata Imran, adalah Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dengan gejala yang umum adalah batuk. Dampak lain, adalah dehidrasi. "Tapi meski ringan, bisa mengarah serius karena tubuh tidak langsung merasa  haus akibat tidak  berkeringat dan otak  mengirimkan tidak minta minum," papar Imran.

Sehingga, Imran menyarankan dalam satu jam minum air 200 ml agar suasana lembab di  tenggorokan terjaga. Tapi caranya, minum seteguk. "Jangan langsung dihabiskan," tegasnya.

Risiko yang lebih serius dari dehidrasi, kata Imran, adalah heat exhaustion dan kelelahan akibat panas karena jalan kaki dari hotel ke Masjid Nabawi saat arbain. "Gejalanya,  keringat dingin sampai pingsan. Maka, kalau keluar dari hotel atau pulang ke hotel bawa payung, water spray, masker untuk melindungi hawa panas dan lainnya. Perlengkapan itu sudah dibagikan di embarkasi, jangan ditinggal," paparnya terkait antisipasi penyakit akibat hawa panas bagi jemaah haji 2023 asal Indonesia.

"Water spray untuk mengganti keringat, menurunkan suhu permukaan kulit, dengan cara disemprotkan ke tubuh yang kena matahari. Maka sarannya pakai pakaian lengan panjang," ungkap Imran.

Dan yang jangan sampai terjadi karena risikonya begitu besar adalah heat stroke, bisa menyebabkan stroke akibat panas. "Gejalanya, pusing, keringat dingin sampai pingsan. Kalau sudah begitu, penanganannya cari tempat teduh,
pakai water spray atau siram kepala untuk hindari heat stroke," ungkapnya menyampaikan penanganan kesehatan jemaah haji 2023 asal Indonesia saat di Madinah. (*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bengkulu just now

Welcome to TIMES Bengkulu

TIMES Bengkulu is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.